Hubungan Gaya dan Gerak serta Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda

PelajaranSD.org - Kamu tentu sudah mengetahui tentang katapel dan panah. Pernahkah kamu mencoba membuat benda tesebut? Pernahkah kamu menggunakan salah satu benda tersebut? Jika kamu pernah menggunakan katapel, gerak kerikil yang terlontar dipengaruhi oleh gaya yang kamu berikan. Adakah contoh-contoh alat lainnya yang dipengaruhi oleh gaya? Hal-hal apa saja yang memengaruhi gerak benda? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita pelajari disini.

A. Hubungan Gaya dan Gerak


1. Model Katapel

Suatu hari Nandi sedang asyik menyaksikan film kartun. Dalam film tersebut, seorang pendekar sedang memanah seekor rusa. Nandi berpikir, mengapa anak panah bisa meluncur dan melukai rusa?

Setelah berkali-kali menyaksikan adegan tersebut, akhirnya Nandi mulai paham. Ternyata, anak panah dapat meluncur setelah ditarik menggunakan busur, kemudian dilepaskan. Dapatkah kamu menjelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Gaya adalah dorongan atau tarikan. Setiap benda yang diberi gaya akan mengalami perubahan, misalnya dari diam menjadi bergerak. Tahukah kamu, bagaimana hubungan antara gaya yang diberikan dan gerak benda?


Karet yang ditarik memiliki gaya yang mampu melontarkan kerikil. Gaya seperti itu dikenal dengan gaya pegas. Gaya pegas diperoleh dari benda yang bersifat elastis. Benda elastis, yaitu benda yang dapat kembali ke bentuk semula sesaat sesudah diberi gaya. Semakin panjang (kuat) tarikan karet, semakin jauh kerikil terlempar. Hal itu disebabkan gaya pegasnya yang semakin besar. 

Bagaimana jika karet (bahan elastis) diganti dengan bahan non elastis, misalnya kawat atau plastik? Kawat atau plastik bersifat tidak elastis sehingga tidak memiliki gaya pegas. Akibatnya, kerikil tidak akan terlempar.

2. Model Jungkat-Jungkit

Pada pembelajaran kelas V, kamu telah mempelajari tentang model jungkat-jungkit yang termasuk ke dalam pesawat sederhana. Pada gerak jungkat-jungkit, letak dan berat beban memengaruhi gerak alat tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini!


Semakin panjang lengan kuasa dan berat kuasa, semakin mudah beban diangkat. Jungkat-jungkit merupakan contoh alat untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda


Kamu telah mengetahui bahwa cara kerja ketapel didasarkan pada prinsip gaya pegas. Sekarang, marilah menggali lebih dalam faktor-faktor yang memengaruhi gerak benda. Perhatikan gambar berikut ini!


Apakah kegunaan gaya pegas dalam kehidupan seharihari? Pada zaman dahulu, peralatan-peralatan perang banyak menggunakan prinsip gaya pegas, misalnya alat memanah pemburu.

Adapun pada saat ini, prinsip pegas dimanfaatkan pada alat-alat, seperti alat olahraga panahan, lampu senter, timbangan, pulpen mekanik, dan pensil mekanik.

Demikianlah artikel tentang hubungan gaya dan gerak serta faktor yang memengaruhi gerak benda. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Hubungan Gaya dan Gerak serta Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda"

Posting Komentar